Peran Penting Orang Tua dalam Membantu Anak Belajar

Peran Penting Orang Tua dalam Membantu Anak Belajar

Orang tua adalah contoh pertama yang akan diikuti anak-anaknya.  Sampai saat ini, tidak ada ukuran pasti untuk menentukan benar atau salah dalam mengasuh anak, setiap orang tua harus mengikuti jalannya sendiri. Mengajari anak belajar adalah salah satu hal pasti dalam tugas orang tua. Ketahuilah bahwa Anda memiliki peran penting dalam proses tersebut.

1. Pelatih Utama Anak

Guru pertama anak adalah ibu dan ayahnya. Mereka mendapatkan berbagai pengetahuan dari orang tua di rumah. Orang tua dapat mengembangkan keterampilan dan bakat anak-anak mereka dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk mencapai mimpi sang anak.

Misalnya, orang tua melatih dan mengetes kemampuan anak untuk memaksimalkan potensi intelektual otak anaknya. Dengan memperhatikan hal tersebut, Anda akan mengenal anak lebih baik. Sehingga kelak Anda bisa memaksimalkan potensi anak Anda.

2. Pemberi Stimulus Anak

Menurut penelitian, ada hubungan langsung antara perkembangan optimal keterampilan sosial dan emosional anak dengan keberhasilan akademis anak. Seorang anak yang memiliki hubungan baik dengan orang tua, keluarga, pengasuh dan guru dapat bekerja sama dan bergaul secara sosial dengan lebih baik. Hal ini juga membuat anak lebih percaya diri dengan kemampuannya untuk mempelajari hal-hal baru.

Kemampuan sosial dan emosional dipengaruhi oleh pengalaman hidup, genetik, dan temperamen diri. Jadi sebagai role model pertama anak, orang tua harus bisa mencontohkan yang baik. Anda akan menjadi pendorong bagi anak dalam mencoba hal baru dalam hidupnya.

3. Penentu Suasana Belajar

Anak-anak juga belajar di rumah, bukan hanya di sekolah. Hal ini memungkinkan orang tua berperan dalam membuat suasana belajar bagi anak-anaknya. Memberikan suasana yang nyaman bisa menjadi tugas utama Anda.

Berilah suasana yang memungkinkan anak fokus dan konsentrasi. Jangan buat atmosfir yang menegangkan dan membosankan. Anak Anda mungkin lebih semangat belajar di sekolah karena adanya teman-teman. Maka, Anda harus mampu memberikan suasana menyenangkan yang serupa meskipun tanpa teman-teman mereka.

4. Menjadi Teman Saat Gagal

Mengajarkan anak tanpa paksaan dapat dilakukan dengan menanamkan semangat dalam diri mereka sehingga mereka tetap berkomitmen untuk melakukan hal-hal yang menantang. Terkadang jalan hidup tidak semulus yang dibayangkan. Ketika seorang anak mencoba melakukan apa yang dia sukai, pada titik tertentu dia akan gagal.

Misalnya, anak-anak menyukai menyanyi dan mendalami bakat tersebut. Saat tampil, anak itu tidak bisa menyanyi dengan baik di atas panggung. Sebagai orang tua, support Anda harus terus mengalir agar semangatnya kembali terbangun.

Sebagai orang tua, ada banyak hal yang bisa Anda ajarkan ke anak-anak. Memberi nutrisi seimbang pun tak kalah penting. Wyeth Loyalty Program adalah salah satu program yang memberikan Anda poin menguntungkan setiap melakukan pembelian produk Wyeth. Ikuti program ini sehingga Anda bisa mendapat berbagai hadiah yang bermanfaat untuk keluarga.

Others