Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh Adalah yang Terbaik

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh Adalah yang Terbaik

Sering digunakan sebagai bahan pembuatan kue, roti, dan bagel, gandum tidak hanya sebagai sumber energi, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tentu banyak yang penasaran manfaat gandum bagi kesehatan tubuh adalah apa terlebih dengan kandungan gizinya yang sangat baik.

Manfaat Gandum

Gandum mudah ditemukan dalam makanan sehari-hari yang tentunya sangat bagus untuk kesehatan tubuh terutama untuk beberapa manfaat di bawah ini.

1. Melancarkan buang air besar

Kandungan serat gandum yang tinggi dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. Serat dalam oat dapat membantu mengentalkan feses dan membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

Serat juga berperan penting dalam melawan bakteri usus berbahaya yang bisa menyebabkan divertikulitis. Inilah sebabnya mengapa beberapa pasien dengan masalah pencernaan merekomendasikan untuk tetap menjalani diet tinggi serat.

2. Membantu mengendalikan obesitas

Untuk orang yang mengalami obesitas, gandum mungkin adalah makanan yang direkomendasikan oleh dokter untuk memerangi obesitas. Manfaat gandum bagi kesehatan tubuh adalah dapat mengontrol berat badan.

Ini mungkin karena kandungan serat gandum yang tinggi, terutama biji-bijian. Inilah sebabnya mengapa makan biji-bijian dapat membantu orang obesitas merasa kenyang dan membantu menurunkan berat badan.

3. Mengurangi risiko penyakit kanker

Mungkin jarang yang tahu bahwa nilai gizi gandum dapat membantu mengurangi risiko kanker. Gandum bahkan bisa berperan sebagai senyawa anti kanker. Biji-bijian utuh seperti gandum kaya akan fitokimia yang aktif secara biologis. Senyawa ini telah terbukti efektif mengurangi risiko kanker, khususnya kanker payudara. Selain itu, fitokimia diketahui dapat digunakan sebagai agen terapeutik untuk pengobatan kanker payudara.

4. Mencegah pembentukan batu empedu

Gandum merupakan sumber serat tidak larut. Jenis serat ini mengurangi sekresi asam empedu dan membantu memproses makanan dengan lebih mudah. Jika terlalu banyak asam empedu, batu empedu lebih mudah terbentuk. Karena itu, mengonsumsi makanan berserat seperti gandum dapat mengurangi risiko batu empedu.Mengonsumsi serat tidak larut dapat mengurangi risiko operasi kandung empedu pada wanita.

5. Membantu mencegah diabetes

Selain kanker, gandum memiliki khasiat luar biasa untuk mencegah diabetes. Gandum mengandung magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna karbohidrat. Ini juga yang membuat gandum baik untuk penderita diabetes. Ini karena mengonsumsi makanan kaya magnesium dapat meningkatkan fungsi hormon insulin. Akibatnya, banyak ahli percaya bahwa magnesium dapat menurunkan risiko diabetes.

Setelah mengetahui manfaat gandum bagi kesehatan tubuh adalah hal-hal yang baik seperti yang telah dijelaskan di atas, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi gandum dengan takaran yang tepat agar tubuh juga tetap sehat. Nestle sendiri telah mengeluarkan banyak produk dari gandum utuh seperti Nestum dan produk serealnya yang sangat cocok dijadikan sebagai sarapan di pagi hari untuk siapa saja.

Kesehatan