Macam-Macam Sayuran yang Cocok untuk Bubur Tim Sayur

Macam-Macam Sayuran yang Cocok untuk Bubur Tim Sayur

Bubur tim sayur menjadi menu spesial sendiri untuk menu MPASI anak usia 6 bulan. Nasi tim yang lebih lembut karena proses pengetiman dicampur dengan sayur yang kaya nutrisi bagi anak menjadi perpaduan yang pas. Namun, tahukah Anda apa saja sayuran yang bisa dijadikan bubur tim ini? Berikut ulasannya.

1. Wortel

Kandungan dalam wortel penting untuk memenuhi kebutuhan bayi, antara lain vitamin A, beta karoten, serat, dan kalium. Selain karena kandungannya, wortel juga ditambahkan dalam MPASI agar menambah warna pada makanan.

Beberapa manfaat wortel antara lain sebagai antioksidan dalam mencegah dan mengatasi radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan pencernaan. Kalsium pada wortel membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi serta kandungan vitamin A yang bagus untuk mata bayi.

2. Brokoli

Brokoli termasuk sayuran yang rendah kalori dimana cocok disajikan dengan bubur tim. Kandungan zinc, magnesium, vitamin C, vitamin B, serat dan kalium juga terdapat dalam brokoli yang menambah sayuran ini dapat memenuhi nutrisi anak.

Kandungan bahan aktif dalam brokoli bermanfaat bagi membentuk jaringan tubuh dan tulang, menyehatkan saluran pencernaan bayi, dan sebagai antioksidan. Brokoli juga termasuk sayuran yang bisa dikombinasikan dengan buah pisang atau alpukat.

3. Labu

Bubur tim sayur dengan labu siam atau labu lainnya cukup sering ditemui. Hal ini diakibatkan kandungan kalsium, magnesium, fosfor, vitamin C, vitamin B6, zinck, dan folat dalam labu yang memberikan banyak manfaat bagi bayi.

Selain tekstur labu yang lembut dan mengandung serat tinggi, kandungan senyawa aktif tersebut juga bermanfaat dalam menjaga imunitas bayi, menjaga kesehatan mata, mengokohkan tulang, dan memberi rangsangan pada perkembangan otak anak.

4. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah didapatkan, bahkan Anda bisa menanamnya sendiri secara organik karena budidayanya yang mudah. Kandungan zat besi, vitamin C, asam folat, dan kalsium pada bayam membuat sayuran ini banyak digunakan sebagai bahan MPASI.

Zat besi yang tinggi membuat sirkulasi darah dan oksigen dalam bayi lancar sehingga perkembangan otak anak bisa maksimal. Selain itu, kandungan kalsium tersebut bermanfaat bagi kesehatan tulang, gusi, dan gigi bayi, ditambah vitamin C sebagai penambah imunitas.

5. Buncis

Sayur yang termasuk kelas kacang-kacangan ini sangat baik untuk dikonsumsi bayi maupun sebagai MPASI. Buncis mengandung sodium, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan zat besi yang sangat diperlukan bayi.

Manfaat buncis ini sendiri antara lain meningkatkan fungsi tulang, melancarkan pencernaan, dan dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak. Buncis ini biasanya dicampurkan dengan sayur lainnya, seperti wortel dalam membuat bubur bayi agar mendapatkan lebih banyak manfaat.

Itu dia 5 macam sayuran yang bisa Anda tambahkan dalam membuat bubur tim sayur untuk bayi Anda. Sejatinya semua sayur bagus untuk kesehatan bayi karena senyawa aktif dalam sayur tersebut berguna dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda. Pastikan bahwa nutrisi harian bayi tercukupi agar bayi tumbuh secara optimal.

Parenting