Jangan Sampai Keliru, Inilah Kesalahan Saat Melakukan Tayamum

Jangan Sampai Keliru, Inilah Kesalahan Saat Melakukan Tayamum

Sebagai umat Islam, pasti Anda sudah mengetahui bahwa tayamum merupakan pengganti wudu dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah apabila tidak ditemukan air dengan syarat-syarat tertentu. Dalam melakukan ibadah satu ini, ternyata masih banyak ditemukan sejumlah kesalahan sehingga alangkah baiknya untuk mengetahuinya dan membenarkannya.

Melakukan suatu ibadah harus mengikuti syariat atau ketentuan. Tayamum dilakukan sebagai pengganti wudhu dengan menggunakan debu atau tanah yang bersih dan suci. Karena mungkin jarang dilakukan, tidak bisa dipungkiri masih banyak orang melakukan kesalahan dalam hal pandangan maupun tata caranya.

Kesalahan dalam Melakukan Tayamum

Sebelum melakukan ibadah seperti sholat, membaca Al-Quran dan lain sebagainya dimana harus suci dari hadats kecil harus berwudhu. Namun, karena ada berbagai kendala sesuai syariat, boleh melakukan tayamum. Hindari sejumlah kesalahan di bawah ini supaya sah untuk dapat beribadah lainnya.

1. Orang yang Junub Tidak Boleh Bersuci dengan Tayamum

Dalam keadaan tertentu, dimana kesulitan mendapatkan air, bagaimana orang junub akan bersuci? Anggapan bahwa mandi besar adalah cara bersuci utama sehingga tidak boleh sholat atau mengerjakan ibadah lainnya adalah anggapan yang salah. Jika dalam keadaan hadats besar, boleh bertayamum kemudian mengerjakan sholat. Setelah bertemu air, hendaknya langsung mandi.

2. Tata Caranya Seperti Berwudu

Kesalahan berikutnya adalah mengenai tata caranya. Banyak orang masih beranggapan bahwa dilakukan seperti saat berwudu. Dengan begitu, dilakukan beberapa rukun seperti mengusap kepala, kedua tangan, kedua kaki, wajah, dan hal sunah lain memakai debu. Yang benar adalah hanya menempelkan sebanyak satu kali saja.

3. Mengusap Sampai Kedua Siku

Masih berhubungan dengan tata cara bertayamum, mengusap sampai kedua siku. Ini anggapan salah dimana tidak perlu dilakukan. Seperti ajaran nabi, hanya cukup menempelkan kedua telapak tangan di tanah atau debu kemudian usapkan pada wajah dan kedua tangan masing-masing hanya sebanyak 1 kali saja.

4. Tidak Perlu Sholat Saat Sudah Menemukan Air

Ketentuan satu ini harus didasarkan pada keadaan saat itu. Apabila setelah melakukan tayamum dan mengerjakan sholat, Anda menemukan air dimana masih dalam waktu sholat tersebut, maka harus berwudu kemudian sholat kembali. Ini akan langsung otomatis batal begitu menemukan keberadaan air tersebut.

5. Membaca Niat Saat Wudu

Dalam parenting Islami, harus memberikan panduan yang benar. Meskipun sudah jelas kedua tata cara bersuci ini berbeda, kesalahan membaca niat masih saja terjadi. Banyak yang membaca niat berwudu saat melakukan tayamum. Hal tersebut tentu salah atau tidak akan sah. Oleh sebab itu, hafalkan doanya terlebih dahulu.

Itu dia sejumlah kesalahan dalam tayamum. Dengan mengetahui bagian-bagian yang salah, maka Anda dapat membenarkannya sehingga bisa sesuai syariat untuk dapat mengerjakan ibadah secara sah.

Others