Bagaimana Memilih Makanan Kucing Kecil yang Aman dan Sehat?

Bagaimana Memilih Makanan Kucing Kecil yang Aman dan Sehat?

Kucing memiliki sifat manja, lucu dan penuh rasa penasaran sehingga banyak orang menyukainya. Agar tetap sehat, Anda perlu memperhatikan makanan kucing kecil kesayangan. Sebagai pemilik kucing kecil, Anda harus bertanggung jawab dalam hal memberi makan dan menjaga kesehatannya.

Rekomendasi Jenis Makanan Kucing Kecil yang Aman

Agar pertumbuhan kucing kecil berjalan dengan baik, Anda perlu memilih jenis makanan kucing kecil yang aman, antara lain:

Daging

Pilihan pertama yang bisa Anda pilih adalah daging. Kucing memang pemakan daging sehingga memerlukan asupan protein yang cukup. Hal ini akan memberikan pengaruh terhadap:

  • Jantung yang kuat
  • Sistem penglihatan kucing akan lebih baik
  • Selain itu, sistem reproduksi juga menjadi lebih sehat

Anda bisa memberikan kucing kecil makanan, seperti:

  • Daging ayam
  • Sapi
  • daging deli tanpa lemak
  • Kalkun

Namun, sebaiknya menghindari memberikan makanan mentah bahkan daging busuk kepada anak kucing. Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi kesehatannya.

Gandum

Selain daging, anak kucing juga membutuhkan gandum karena memiliki kandungan protein pada setiap kalorinya. Serta gandum akan mudah diolah sehingga lebih memudahkan.

Anda juga bisa memilih jagung yang telah digiling sebelumnya sehingga menghasilkan tekstur yang baik. Pilihan lain yang bisa Anda berikan kepada kucing kecil adalah nasi merah, barley atau biji gandum. Namun, sebaiknya harus Anda tumbuk terlebih dahulu.

Ikan

Pemberian ikan pada anak kucing menjadi favorit sebab gaya akan kandungan asam lemak omega 3. Barongan tersebut akan membantu penglihatan kucing agar lebih tajam lagi.

Selain itu, kandungan omega 3 dapat membantu mengatasi radang sendi, penyakit ginjal, serta gangguan jantung pada kucing Anda.

Berikan ikan dalam bentuk makanan kaleng khusus kucing. Anda juga bisa menggunakan ikan biasa, namun harus anda rebus terlebih dahulu. Sebaiknya Anda menghilangkan duri-durinya terlebih dahulu agar kucing tidak tersedak atau melukai bagian mulutnya.

Telur

Makanan selanjutnya yang bisa anda pilih adalah telur. Telur bisa menjadi sumber protein yang terbaik untuk kucing Anda bisa memberikan telur yang sudah direbus sebagai makanan kucing Anda.

Sebaiknya tidak memberikan telur mentah kepada kucing Karena akan menyebabkan keracunan makanan titik bakteri seperti salmonella atau ecoli bisa menjadi penyebab keracunan makanan tersebut.

Keju

Anda juga bisa memberikan keju sebagai camilan yang berprotein tinggi. Keju bisa Anda berikan sesekali agar kucing tidak bosan dengan makanan utamanya. Meskipun tidak memiliki protein yang lengkap seperti daging atau telur, tidak ada salahnya memberikan camilan istimewa kepada kucing kesayangan Anda.

Perlu Anda ingat bahwa tidak semua kucing menyukai keju. Apalagi jika kucing anda tidak terbiasa makan keju sejak masih kecil.

Pilihan makanan kucing kecil harus anda jaga komposisinya agar memenuhi kebutuhan nutrisi. Sehingga akan mempengaruhi perkembangan dan juga kesehatan kucing peliharaan Anda.

Others