6 Jenis Makanan Pendukung Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

6 Jenis Makanan Pendukung Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun

Gizi pada makanan sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak. Nutrisi lengkap akan menyempurnakan tumbuh kembang secara fisik maupun non fisik. Konsumsi makanan seimbang mulai dari karbohidrat hingga vitamin membuat anak tumbuh optimal. Berikut ini jenis-jenis makanan yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak 1 tahun.

1. Buah dan Sayur

Buah dan sayur kaya akan vitamin dan juga serat baik untuk memelihara sistem imun si kecil. Sayuran berupa wortel, brokoli, labu, ubi jalar, bayam dan juga buah berupa pepaya dan tomat mempunyai kandungan beta karoten serta karotenoid. Karotenoid ini dapat dikonversi menjadi vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata serta pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Ada juga buah kaya akan vitamin C berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat.

2. Telur

Selain kaya akan protein, telur merupakan makanan dengan kandungan kolin. Kolin merupakan nutrisi yang menunjang perkembangan otak anak. Telur sering dijadikan alternatif pilihan makanan karena simpel dan mudah dikreasikan. Sehingga anak tidak akan bosan memakannya. Berikan tambahan sayuran pada olahan telur agar nutrisi anak semakin terlengkapi.

3. Ikan

Ikan tinggi protein dan omega-3 sangat berperan penting bagi otot, tulang serta mencerdaskan otak anak. Ikan yang bisa dikonsumsi anak-anak seperti salmon, tuna dan juga sarden dengan kandungan asam lemak tinggi. Baik untuk saraf, mata dan otak balita. Agar anak tidak eneg dengan aroma ikan, bisa sajikan dalam bentuk dan olahan berbeda, serta berikan bahan lain untuk melengkapi nutrisinya.

4. Susu

Susu sangat penting mulai dari anak lahir hingga tumbuh dewasa karena memelihara pertumbuhan tulang dan gigi. Banyak mengandung kalsium dan fosfor untuk pertumbuhan otot dan tulang. Pas dikonsumsi anak dengan berat badan kurang. Bisa disajikan dengan sereal untuk sarapan pagi hari.

5. Daging

Bisa menggunakan daging ayam maupun daging sapi. Berperan penting untuk perkembangan sel-sel tubuh. Kaya akan zat besi yang fungsinya menyehatkan darah dengan kandungan oksigen dan disalurkan ke seluruh tubuh. Tidak hanya daging, hati ayam dan juga kerang-kerangan kaya akan zat besi.

6. Gandum Utuh

Gandum utuh banyak mengandung serat sehat yang berperan melancarkan sistem pencernaan. Mengandung selenium yang berfungsi mencegah adanya kerusakan pada sel tubuh. Selain itu gandum kaya akan vitamin B1, B2, niasin, dan asam folat untuk efisiensi metabolisme. Makanan gandum utuh yang bisa dijadikan pilihan yaitu oatmeal, roti dan juga sereal.

Temani tumbuh kembang anak 1 tahun dengan susu sesuai usianya. Kini sudah banyak susu dengan kandungan lengkap dan lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan anak. Sudah berinovasi dengan mengedepankan nutrisi untuk kecerdasan dan pertahanan tubuh. Sehingga anak tidak hanya cerdas secara akademik namun juga kuat secara fisik. Susu juga lebih lengkap kandungan gizinya.

Parenting