4 Manfaat Konsumsi Sayuran untuk Bayi yang Wajib Anda Pahami

4 Manfaat Konsumsi Sayuran untuk Bayi yang Wajib Anda Pahami

Setiap orang tua pasti bahagia memulai proses MPASI pada buah hati setelah ia menginjak usia enam bulan. Anak bisa mendapatkan asupan nutrisi lebih baik selain konsumsi ASI eksklusif. Biasanya anak akan menunjukkan ketertarikan pada makanan dan acap masih lapar setelah menyusu pada sang ibu. Anda bisa mulai menu MPASI pertama untuk si kecil dengan bahan makanan yang sehat. Pastikan Anda membuat bubur sayur untuk mendukung pertumbuhan anak yang lebih baik seiring perkembangan usia mereka, ya!

Manfaat Konsumsi Bubur Sayur Setiap Hari

MPASI pertama memang hanya mengenalkan makanan dengan frekuensi dan porsi lebih kecil. Namun, Anda wajib memberikan asupan menu sayuran pada bubur tim setiap hari guna mendapatkan manfaat kesehatan buah hati tercinta. Berikut manfaat konsumsi bubur sayur untuk perkembangan anak yaitu :

1. Menjaga sistem pencernaan si kecil

Konsumsi bubur yang mengandung bahan sayuran seperti bayam atau brokoli bisa membantu anak memiliki sistem pencernaan yang lebih baik. Kandungan serat yang tinggi pada sayuran bisa mendukung anak bebas dari masalah sembelit seiring konsumsi makanan padat. Bila saluran cerna anak terjaga dengan baik, maka ia akan tumbuh lebih sehat bebas masalah sakit perut, BAB keras hingga rewel atau menangis.

2. Meningkatkan asupan gizi anak

Kandungan vitamin, mineral dan serat pada sayuran sangat dibutuhkan si kecil dalam pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Kesehatan organ tubuh juga bisa maksimal sebab anak mendapatkan asupan nutrisi yang bergizi, misalnya wortel kaya vitamin A yang mendukung kesehatan mata, sedangkan tomat yang kaya vitamin C bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati Anda.

3. Bisa mengurangi risiko anak kegemukan

Dengan memilih menu sayuran pada bubur si kecil, Anda bisa membantu ia memiliki tubuh yang lebih sehat. Anak bebas dari risiko kegemukan bila mengkonsumsi makanan yang mengandung sayuran dibandingkan menu bubur nasi dan daging saja.

4. Mendukung kecerdasan anak sejak dini

Anak yang mendapatkan nutrisi kompleks dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, serat, vitamin, dan mineral lain, maka ia bisa tumbuh dan berkembang lebih baik. Tingkat kecerdasan anak sejak dini telah terbentuk secara maksimal sehingga ia bisa tumbuh menjadi balita yang berprestasi hingga dewasa kelak. Selain memberikan jenis bubur dengan tambahan sayuran, Anda bisa menambahkan menu camilan buah-buahan disela makan si kecil.

Optimalisasi perkembangan anak sejak usia dini dengan memberikan menu makanan buah dan sayuran sehat, kenapa tidak? Pastikan Anda memilih menu MPASI bubur sayur yang bisa mendukung sistem pencernaan anak yang lebih sehat. Bila Anda tipe orang yang agak sibuk dalam membuat bubur sendiri di rumah, pertimbangkan memilih bubur instan yang lebih praktis dengan kandungan nutrisi yang tetap terjaga.

Kesehatan